top of page

Etika dalam Media Sosial

Ahmad Raafi Nugroho 8C/01

Pada era digital ini, telah banyak hal yang dapat kita lakukan lewat gadget. Salah satunya adalah berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain lewat media sosial seperti twitter, youtube, instagram, dll. Lewat media sosial, kita dapat sharing informasi dan foto, tulisan, ataupun berkomentar pada postingan orang lain.

Tetapi, selain sisi positifnya, media sosial juga memiliki sisi negatif. Ada orang yang menyalahgunakan media sosial untuk hal-hal tidak baik ataupun berlaku tidak sopan selama menggunakannya. Oleh karena itu, tentu kita perlu mengetahui apa saja etika-etika yang perlu diterapkan dalam menggunakan mesia sosial.

Nah, beberapa contoh etika media sosial tersebut adalah:

  1. Sopan ketika berkomunikasi, berinteraksi, ataupun mengirim hal-hal ketika di media sosial

  2. Menghargai privasi dan hak cipta orang lain

  3. Menyaring informasi yang didapatkan dari media sosial agar tidak mudah percaya dengan berita yang salah seperti hoaks

  4. Tidak mendistribusikan atau mengunggah konten-konten negatif dan tidak benar seperti hoaks atau kata-kata yang merendahkan orang lain

  5. Berkolaborasi atau berinteraksi secara positif dengan orang lain di media sosial

  6. Berhati-hati ketika sharing informasi pribadi diri sendiri atau orang lain

  7. Berlaku bijak ketika bertransaki di internet

  8. Dan etika-etika lain

Ada baiknya kita mengikuti etika-etika tersebut. Selain membantu orang lain, juga membantu diri kita sendiri agar bijak dalam menggunakan internet. Sekian yang saya dapat sampaikan, Kurang lebihnya mohon maaf, Wasalamualaikum Wr. Wb.

bottom of page