top of page

HARI PERTAMA SEKOLAH ONLINE!

Oleh : Ahmad Raafi Nugroho 8C/01


Di saat pandemic COVID-19 ini tentunya para pelajar terpaksa melaksanakan aktivitas sekolah dari rumahnya masing masing atau biasa kita sebut Sekolah Online. Pemerintah juga sudah menginformasikan bahwa Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dilaksanakan di rumah atau yang biasa kita sebut dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) guna mencegah penularan COVID-19 yang semakin memuncak.


Sampai detik ini Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) masih terus diberlakukan, tentunya ini membuat para pelajar menjadi bosan, Akan tetapi kita sebagai manusia tidak boleh mudah menyerah dalam menimba ilmu. Kali ini saya akan berbagi pengalaman saya pada saat pertama kali melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).


Di pagi hari saya beranjak dari kasur (bangun) Pukul 04.30 untuk melaksanakan Sholat Subuh. Setelah itu, saya mandi dan berganti pakaian sekolah sesuai dengan jadwal yang tertera pada hari itu. Lalu saya memakan sarapan yang telah dibuat oleh Ibu saya. Tidak terasa, waktu sudah menunjukan Pukul 06.50. Saya dengan cepat menyalakan laptop di meja belajar saya, dan langsung memasuki kelas online. Saya menggunakan aplikasi Zoom sebagai media untuk Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).


Pembelajaran dimulai dengan perkenalan wali kelas baru, namanya Pak Yusuf, beliau adalah seorang guru olahraga di SMP Labschool Jakarta yang mengajar siswa/siswi kelas 8 dan juga kelas 9 sekaligus menjadi wali kelas 8C yang merupakan kelas saya. Dilanjutkan oleh pelajaran seni musik pada Pukul 07.40. Kemudian kami rehat pada Pukul 10.20. Setelah rehat, kami melanjutkan pembelajaran Bahasa Indonesia pada Pukul 10.40. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) berakhir pada Pukul 12.00.


Aktivitas ini rutin saya lakukan dimasa-masa pandemic ini, tentunya dengan jadwal pelajaran yang berbeda. Sungguh melelahkan dibanding sekolah offline seperti dahulu sebelum adanya pandemic ini, dikarenakan terlalu lama melihat layar laptop/handphone. Akan tetapi itulah perjuangan yang harus kita hadapi sebagai pelajar dalam menuntut ilmu, janganlah mudah menyerah terhadap suatu hal.

Tuntutlah Ilmu Setinggi Langit!


Semoga pandemic ini dapat cepat teratasi sehingga para pelajar dapat melakukan kegiatan pembelajaran melalui tatap muka secara langsung di sekolah seperti dahulu.

Jaga Kesehatan Kalian Ya...

Stay Save!


bottom of page