top of page

INVITA dan Wisata Edukasi

Ahmad Raafi Nugroho 8C/01 Halo semua! Kali in saya akan membagikan ppengalaman saya tentang INVITA dan Wisata Edukasi

Pada tanggal 28 april 2021, SMP Labschool Jakarta mengadakan acara INVITA secara virtual. Biasanya jika tidak ada pandemi, angkatan 28 sudah berada di stasiun kereta dan jalan-jalan mengelilingi Jogja dan sekitarnya. Disini, akan saya akan ceritakan sedikit tentang INVITA secara virtual!

Setelah masuk ke zoom angkatan, ada beberapa sambutan lagi serta sambutan dari pemandu wisata yang akan memandu perjalanan kita di Yogya, dan juga ternyata pemandu wisata tersebut memang sudah biasa memandu dengan cara virtual yang biasanya untuk orang luar negeri. Setelah itu pemandu wisatanya mulai mengasih liat serta menjelaskan tempat-tempat wisata yang ada di Jogja dengan menggunakan Google Maps.

Pertama kita pergi ke candi borobudur. Pemandu wisata menjelaskan tentang sejarah candi Borobudur. Sejarah dibangunnya candi borobudur adalah, candi ini dibangun oleh seorang pribumi pada abad ke 8 masehi.

Kedua, kita pergi ke candi prambanan. Pemandu wisata kembali menjelaskan latar belakang dibangunnya candi prambanan. sejarah candi Prambanan adalah legenda Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso. Bandung bondowoso menerima tantangan dari Roro jonggrang untuk membuat 1000 candi dalam waktu semalam. Akhirnya, bandung bondowoso meminta bantuan jin. ternyata, roro jonggrang menipu bandung bondowoso dengan membuat ayam berkokok padahal belum waktu pagi. Padahal candi yang baru dibangun berjumlah 999. akhirnya, bandung bondowoso mengutuknya agar menjadi candi ke 1000.

Ketiga, kita pergi ke sentra batik giri loyo. sentra batik giri loyo merupakan nama kampung batik tertua di jogja.

Keempat, kita pergi ke PT. Sritex yaitu pabrik tekstil terbesar di asia tenggara. pabrik ini didirikan tahun 1966 oleh Lukminto.

Selanjutnya kita pergi ke museum merapi. disini kita diberi tau sejarah, peninggalan, dan bagaimana terjadinya erupsi gunung merapi 2011.

Keenam, kita pergi ke tebing breksi. lokasi ini berada di Desa Sambirejo, Sleman. Dulu ini adalah tempat pertambangan.

Ketujuh kita pergi ke keraton Yogya. Keraton Jogja dan Malioboro atau juga dikenal dengan Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat atau dipanggil juga dipanggil Keraton saja merupakan istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang kini berlokasi di Jogja. Tempat tersebut selain menjadi tempat kesultanan yang masih diperlakukan hingga kini juga merupakan tempat peninggalan raja-raja Yogyakarta zaman dahulu sehingga tempat tersebut juga menjadi sebuah koleksi barang-barang sejarah Jogja.

Destinasi kedelapan kita adalah Bakpia Pathok 25, yang merupakan tempat produksi bakpia yang memang merupakan makanan khas Jogja yang biasanya untuk oleh-oleh. Dan terakhir, kita pergi ke CONIC Gelato & Bistro. ICONIC Gelato & Bistro merupakan tempat atau cafe kecil yang menjual es krim gelato, yaitu merupakan semacam es krim yang lebih tebal dan lengket yang berasal dari Italy. ICONIC Gelato & Bistro juga merupakan salah satu tempat jualan es krim yang paling terkenal di Jogja. Sekian pengalaman yang dapat saya ceritakan, Kurang lebihnya mohon maaf, Wasalamualaikum Wr. Wb.



bottom of page