top of page

Rangkuman BAB 1 INFORMATIKA : Jaringan Komputer dan Internet

Assalamualaikum Wr. Wb. Nama saya Ahmad Raafi Nugroho dari kelas 8C absen 01. kali ini saya akan merangkum buku INFORMATIKA BAB 1.



Apa itu internet?

Internet merupakan jaringan komputer yang sangat besar terdiri atas jaringan-jaringan yang lebih kecil dan menghubungkan komputer dari seluruh dunia. Internet berkembang mengikuti perkembangan teknologi dan jaringan komputer, aplikais-aplikasi, luas jangkauan jaringan, dan jumlah pengguna.


Jaringan komputer dibangun agar dapat berbagi sumber daya, meningkatkan reliabilitas, menghemat dana, dan sebagai sarana komunikasi. Berdasarkan media fisik yang digunakan, jaringan komputer dapat dibedakan menjadi 2 yaitu; jaringan kabel dan jaringan nirkabel. Berdasarkan luas area yang dicakup jaringan, jaringan komputer dapat dibagi menjadi jaringan LAN, MAN, WAN, internet, dan intranet.


Kecepatan akses ke internet dan kecepatan transfer data di dalam jaringan ditentukan oleh lebar bandwidth yang tersedia, yang dihitung dalam satuan bps. Ketika memilih sebuah ISP, ada berbagai faktor yang perlu dipertimbangkan, diantaranya kecepatan transfer data, biaya, luas jangkauan, dan teknologi yang digunakan.


Koneksi suatu perangkat ke internet dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti melalui jaringan LAN, ponsel, dan satelit. Berbagai jenis aplikasi internet yang umum digunakan saat ini, yaitu discussion board, newsgroup, WWW, email, mailing list, weblog, jejaring sosial dan media sosial, cloud storage, aplikasi berbasis cloud, dan mesin pencari.


Mesin pencari Google menerapkan sistem indeks yang canggih dan berbagai algoritma pencarian untuk memberikan hasil pencarian dengan tingkat kesesuaian yang tinggi. Beberapa pengaturan yang dapat dilakukan saat menggunakan pencarian, yaitu pengaturan domain, jenis file, umur dokumen, bahasa, lokasi, dsb. Komunikasi data antara dua komputer dapat dilakukan dengan menggunakan protokol ICP/IP.


Keamanan data merupakan faktor yang sangat penting ketika terjadi komunikasi antara dua komputer. Teknik pencurian data yang sering digunakan, diantaranya; eavesdropping, spoofing, email spoofing, phising, pharming, cookies, spyware, adware, browser, dan hijackers. Beberapa teknologi pengamanan data, diantaranya; firewall dan enkripsi data.


Sekian rangkuman yang dapat saya sampaikan,

kurang lebihnya mohon dimaafkan.

Wassalamualaikum Wr. Wb.



bottom of page