top of page

Rangkuman BAB 4 INFTK

Ahmad Raafi Nugroho 8C/01

1. Salah satu bentuk pola adalah pola Fraktal yang menggunakan pengurangan dimensi, iterasi, dan pecahan, serta dapat digunakan untuk pola batik.


2. Kita dapat menggunakan Scratch untuk menylesaikan persoalan lingkaran dan menggambarkan lingkaran dan juringnya menggunakan pergerakan sprite.


3. Obstacle avoiding robot menggunakan sensor ultrasonik sebagai input serta pergerakan motor sebagai output.


4. Line follower robot dan maze solver robot menggunakan sensor cahaya sebagai dan pergerakan motor sebagai output.


5. Kita dapat menggunakan scratch untuk membangun programm untuk kalkulator BMI


6. Persoalan garis singgung lingkaran dapat diselesaikan dengan menggunakan scratch


7. Ada banyak persoalan dalam berbagai bidang kehidupan manusia yang dapat diselesaikan dengan memanfaatkan berbagai jenis robot. 8. Dekomposisi. Adalah metode menyelesaikan masalah yang dilakukan dengan cara memecah masalah kompleks menjadi bagian-bagian yang lebih kecil sehingga lebih mudah diselesaikan. 9. Pengenalan pola. Adalah teknik pemecahan masalah dengan memperhatikan pola permasalahan tersebut. Biasanya pola dapat dibangun dengan berbagai cara seperti bentuk, prilaku, bahan, suara, gerakan, kecepatan gerak, pertambahan, arah gerak, warna, dan lain sebagainya. 10. Abstraksi. Adalah kemampuan memilah data yang sesuai dan relevan dari data yang tidak sesuai dan perlu diabaikan yang akhirnya dapat menemukan pola yang berujung pada solusi.


bottom of page